Contoh Desain Rumah Tingkat Modern dan Mewah

Memulai sebuah keluarga baru harus sudah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk mempersiapkan hunian yang akan di tinggali. Teritama di lahan perkotaan yang notabene memiliki lahan yang lebih sempit maka akan cukup menguras otak untuk bisa tetap tinggal di dalam hunian yang nyaman. Salah satunya ialah menggunakan desain rumah tingkat untuk menyiasatiya.

Agar rumah memiliki semua fungsi ruangan yang layak. Rumah tingkat juga bisa difungsikan meski dalam lahan yang tidak terlalu luas. Tentu, banyak hal yang perlu dipersiapkan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, untuk keluarga baru yang kebingungan dalam merancang hunian tingkat yang unik artikel ini akan membahasnya untuk Anda

6 Macam Desain Rumah Tingkat

1. Rumah Tingkat dengan Tangga Spiral

Rumah Tingkat dengan Tangga Spiral

Rumah tingkat dengan ukuran tidak kecil ini akan lebih cantik dengan adanya tangga spiral. Lebih luwes dalam penggunaannya. Selain digunakan untuk menghubungkan dua lantai, tangga spiral juga dapat digunakan sebagai dekorasi dalam rumah. Kesan tangga yang mempesona juga dapat ditingkatkan dengan pemilihan desain railing untuk tangga yang  unik.

Selain unik dan cantik, kesan elegan dan mewah juga ditimbulkan oleh adanya sofa bermaterial kulit dan berwarna gelap. Paduan warna tangga, ornamen yang tampak tegas, dan lantai tidak mengurangi kesan hangat karena adanya cushion dan meja kecil yang berwarna cerah. Adanya kaca bening digunakan untuk membuat ruangan terlihat lebih luas.

2. Rumah Tingkat Ruang Serbaguna

Rumah Tingkat Ruang Serbaguna

Biasanya sebuah keluarga baru akan memiliki banyak kerabat dan kawan  yang akan berkunjung ke rumah dan melakukan aktivitas bersama-sama. Karena itu, sebaiknya menyediakan space yang lebih untuk berbagai kegiatan yang ada. Rumah dengan  desain minimalis atau modern akan menyediakan ruangan yang lapang di lantai dua dan tentu dengan ventilasi yang baik.

Karpet atau ornamen lain yang dibutuhkan sebaiknya ditambahkan di ruangan tersebut. Untuk sekadar mengobrol atau pun bermain bisa dilakukan di lantai dua yang sebaguna tanpa mengganggu aktivitas di ruangan lain. Selain itu, Anda juga bisa melakukan yoga di ruangan tersebut.

3. Rumah Tingkat Fungsional

Rumah Tingkat Fungsional

Jika seringkebungungan dalam meletakkan meja kerja atau pun meja kantor, desain rumah ini bisa menjadi pilihan. Tangga rumah tingkat bisa menjadi fungsional sebagai meja kerja atau juga rak gantung untuk menyimpan buku. Tangga yang digunakan merupakan  tangga metal ramping sehingga akan menghasilkan kesan yang lebih sederhana namun tetap kokoh.

Di bawah rak gantung juga bisa diberikan hidden lighting sebagai lampu meja kerja. Rumah tingkat jenis ini sangat cocok untuk keluarga dengan anak-anak yang lincah. Rumah tingkat jenis ini bukan hanya fungsional tetapi juga tetap memberikan kesan yang elegan dan minimalis.

4. Rumah Tingkat dengan Gaya Etnik

Rumah Tingkat dengan Gaya Etnik

Untuk keluarga yang menyukai hal berbau etnis mungkin rumah dengan gaya ini akan sangat cocok digunakan sebagai hunian. Bahan yang digunakan hampir semuanya dari kayu sehingga akan memberikan open space yang membahagiakan.

Ruang tamu dan  tempat makan di desain menyatu  tanpa adanya sekat sehingga membuat rumah menjadi lebih fleksibel. Kamar tidur terletak di lantai dua dan atap diseain menyatu dengan lantai satu.

5. Rumah Tingkat dengan Sliding Door

Rumah Tingkat dengan Sliding Door

Sliding door  digunakan untuk mengatasi rumah tingkat yang mungil dan dirasa sempit. Bahan kaca sebagai pintu utama dapat dilengkapi dengan taman yang indah di depan rumah serta dibatasi pula dengan pagar besi yang memberikan kesan minimalis dan memberikan keamanan.

Perpaduan warna gelap dan adanya warna lampu membuat rumah tingkat ini tetap elegan dan menawan. Layaknya kamar tingkat yang lain, lantai dua digunakan untuk kamar tidur.

6. Rumah Tingkat untuk Fashionista

Rumah Tingkat untuk Fashionista

Untuk seorang  fashionista kadang bingung untuk menyimpan koleksi tas dan sepatu yang sangat banyak di sebuah rumah yang mungil. Desain rumah ini memberikan bagian atap yang bisa digunakan untuk menyimpan barang koleksi. Dengan demikian, sepatu dan tas akan tetap tersimpan rapi di sebuah rumah yang minimalis.

Itulah desain rumah ringkat yang bisa Anda jadikan referensi untuk membangun sebuah rumah yang tingkat bahkan dengan lahan yang tidak cukup luas namun tetap memberikan kesan tidak sempit dan rumag yang elegan.