Contoh Desain Rumah Korea Paling Populer

Seperti halnya Indonesia, Korea juga mempunyai rumah tradisional yang bisa menginspirasi siapapun untuk membangun rumah yang cantik. Memang, desain rumah korea tampak mirip dengan desain rumah Cina maupun Jepang. Tetapi tentunya masing-masing rumah tradisional tersebut memiliki ciri khas yang bisa jadi tidak dimiliki oleh rumah lain yang berasal dari negara yang berbeda.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba menciptakan rumah yang mirip dengan rumah-rumah yang ada di Korea? Anda bisa membuat rumah Anda tampak seperti rumah tradisional Korea tidak peduli seberapa besar rumah yang Anda huni saat ini. Mari kita lihat langsung beberapa tahap yang perlu diikuti dalam menghias interior rumah ala rumah tradisional Korea.

Berbagai Macam Desain Rumah Korea Untuk Dicoba

1. Menghadirkan Kesan Tradisional dengan Membangun Rumah Hanok

Menghadirkan Kesan Tradisional dengan Membangun Rumah Hanok

Rumah tradisional Korea biasa disebut dengan Hanok. Hanok memiliki bentuk, warna, dan material yang khas.tetapi ciri khas yang paling menonjol terletak pada bagian atapnya. Jika Anda sedang mencari desain rumah untuk lahan terbatas, Hanok merupakan ide yang cemerlang karena rumah ini tidak membutuhkan banyak lahan.

Hanok memang memiliki penampakan yang khas. Akan tetapi bukan berarti rumah Hanok akan tampak sangat mencolok bila dibangun diantara rumah-rumah lain. Rumah Hanok akan terlihat serasi ketika bersanding dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk membangun rumah tradisional Korea ini diantara rumah-rumah minimalis di sekitar Anda.

2. Membangun Rumah Adat Korea yang Menyatu dengan Alam

Membangun Rumah Adat Korea yang Menyatu dengan Alam

Untuk membangun rumah Hanok atau rumah tradisional Korea, Anda memerlukan bahan-bahan alami. Salah satu contohnya adalah menggunakan kayu sebagai tiang-tiang di dalam dan di luar rumah. Pada umumnya, dinding Hanok di lapisi dengan hanji, sebuah lapisan kertas. Jika Anda tidak bisa menemukan hanji, cukup gunakan finishing yang mirip dengannya.

3. Menciptakan Rumah Korea yang Lebih Sederhana

Menciptakan Rumah Korea yang Lebih Sederhana

Memang tidak mudah membangun rumah yang benar-benar mirip dengan Hanok. Untungnya, Hanok bisa di padu padankan dengan gaya rumah modern. Menggabungkan kedua desain tersebut akan menghasilkan sebuah rumah Hanok yang telah disederhanakan tetapi tetap mencerminkan budaya Korea.

Sebagai contoh, Anda bisa membangun sebuah rumah dengan desain minimalis tetapi menggunakan jendela ala Hanok. Jangan lupakan pemilihan warna untuk interior rumah Anda, pilih desain interior dan warna yang mirip dengan Hanok. Jika Anda tidak bisa menggunakan kayu sebagai tiang, gunakan bahan ini di lantai atau langit-langit untuk menghadirkan kesan Korea.

4. Rumah Modern Bergaya Korea

Rumah Modern Bergaya Korea

Sesungguhnya, budaya Korea identik dengan minimalis, sehingga kita bisa menggabungkan gaya rumah Korea dengan unsur modern. Perpaduan kedua gaya tersebut tidak akan membuat rumah Anda terlihat aneh. Anda bisa mencoba menggunakan fasad rumah yang lebih sederhana dibandingkan yang digunakan dalam pembangunan rumah tradisional di Korea.

Penggunaan perabot rumah yang minimalis juga akan terlihat sempurna dengan gaya rumah Korea. Pastikan segala sesuatu di dalam rumah rapi dan sederhana sehingga dapat dipadupadankan dengan unsur modern dan menciptakan kesan elegan atau mewah. Lengkapi rumah dengan jendela besar yang minimalis.

Tidak perlu melengkapi rumah bergaya Korea yang Anda bangun berdasarkan desain rumah korea dengan berbagai perabot. Anda justru perlu menjaga bagian dalam rumah bergaya Korea yang Anda miliki tetap sederhana dan minimalis. Terlalu banyak furniture justru akan menghilangkan kesan hangat yang identik dengan rumah-rumah tradisional Korea yang indah.