Contoh Desain Rumah Joglo yang Klasik dan Menawan

Rumah joglo merupakan rumah khas daerah Jawa Tengah yang sudah sangat dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat di penjuru Indonesia. Rumah jenis ini terkenal dengan desainnya yang mewah. Selain digunakan sebagai hunian, rumah joglo juga merupakan simbol yang penuh makna dalam kehidupan suatu masyarakat khususnya Jawa.

Zaman dahulu kala, desain rumah joglo digunakan sebagai simbol yang menunjukkan status atau kelas sosial. Bahan yang digunakan juga merupakan kayu yang dominan berkelas. Rumah joglo memiliki bagian ruangan yang disusun dengan fungsi khusus. Artikel ini akan membahas nama serta posisi dalam sebuah rumah joglo untuk Anda

6 Ruangan yang ada dalam Desain Rumah Joglo

1. Pendapa dalam Rumah Joglo

Pendapa-dalam-Rumah-Joglo

Pendapa atau yang biasa orang jawa sebut sebagai pendopo merupakan bagian yang terletak di paling depan dalam rumah joglo. Pendopo memiliki ruangan yang cukup luas dan juga tanpa sekat.

Pendopo dengan ruangan yang cukup luas umumnya digunakan sebagai tempat pagelaran pertemuan acara-acara besar atau juga acara-acara yang penting dan dihadiri oleh orang banyak.  Di dalam pendopo juga terdapat beberapa bagian seperti soko pengerek, soko guru, dan juga tumpang seni.

2. Pringgitan

Pringgitan

Pringgitan merupakan sebuah tempat yang menjadi peghubung antara bagian pendopo dengan rumah Dalem. Pringgitan umumnya dijadikan sebagai sebagai ruang tamu. Pendopo dan dan pringgitan dibatasi oleh sekat. Sedangkan pringgitan dan rumah Dalem dibatasi oleh sebuah gebyok.

3. Rumah Dalem Rumah Joglo

Rumah Dalem Rumah Joglo

Ruang Dalem di dalam rumah joglo merupakan ruangan yang khusus karena digunakan sebagai tempat bersantai untuk keluarga. Karena privat khusus untuk keluarga saja maka rumah Dalem bersifat sangat khusus dan privasi, tidak sembarang tamu bisa diperbolehkan untuk memasukinya.

Rumah Dalem atau biasa dikenal sebagai omah njero (bagi masyarakat Jawa) merupakan inti dari rumah joglo sendiri. Omah njero juga memiliki ketinggian yang berbeda. Dua ketinggian yang berbeda ini memiliki tujuan sebagai jalannya sirkulasi udara agar kediaman tetap segar dengan adanya udara yang masuk.

4. Sentong atau Kamar dalam Rumah Joglo

Sentong atau Kamar dalam Rumah Joglo

Sentong di dalam rumah joglo merupakan ruang yang digunakan untuk peristirahatan bagi keluarga atau pemilik rumah sendiri. Jumlah sentong tergantung dari banyaknya jumlah anggota keluarga yang akan menghuni rumah joglo tersebut. Besarnya sentong juga disesuaikan dengan anggota keluarga yang akan mendiami.

Zaman dahulu, sentong hanya dibuat menjadi 3 kamar saja. Kamar pertama untuk untuk tempat tidur atau persitirahatan bagi laki-laki. Kamar kedua dibiarkan kosong namun tetap diisi oleh tempat tidur dan juga berbagai perlengkapan untuk tidur. Sedangkan kamar ketiga dikhususkan untuk tempat peristirahatan dan tempat tidur bagi kaum perempuan.

5. Gandok atau Gudang Rumah Joglo

Gandok atau Gudang Rumah Joglo

Gandok dalam bahasa umum atau modern dikenal sebagai gudang. Gandok dijadikan sebagai tempat penyimpanan barang bagi pemilik rumah dan juga kerap dijadikan sebagai lumbung penyimpanan bahan-bahan makanan sang pemilik.

Gandok terbagi menjadi dua bagian utama yaitu gandok kiwo (gandok kiri) dan juga gandok tangen (gandok kanan). Pembagian ini berdasarkan letak dari gandok itu sendiri. Gandok bisanya terletak di bagian bagian kanan dan juga kiri atau bagian agak belakang rumah sesuai fungsinya yang dijadikan sebagai gudang tempat penyimpanan barang dan bahan.

6. Pilar-pilar

Pilar-pilar

Paviliun rumah joglo dirancang menggunakan 4 pilar atau disebut juga sebagai Soko Guru. Soko Guru dengan 4 pilarnya memiliki arti dengan mewakili arah4 mata angin yang sering digunakan yaitu utara, selatan, timur, dan juga barat. Pada bagian atas rumah yang didukung oleh Soko Guru terdapat blok kayu persegi yang dirancang dengan mengikuti struktur rumah.

Masyarakat sekitar atau orang Jawa Tengah menyebut blok kayu persegi tersebut dengan nama Tumpangsari yang juga merupakan ciri khas dari rumah Joglo Jawa Tengah. Jika diperhatikan dari segi struktur atau konstruksi, rumah joglo sebagai rumah adat Jawa Tengah ini sangat sederhana namun tetap memberikan kesan yang eksotis dan elegan.

6 Hal di atas merupakan ruangan atau tempat yang biasanya ada di dalam desain rumah joglo yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk merancang ruah yang eksotis bergaya Joglo. Anda juga bisa menambhakan ornamen lain jika ingin menambah kesan modern di dalamnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!