4 Unsur Desain Rumah Bali Klasik Sederhana Tetap Elegan 2018

Desain Rumah Bali Klasik – Rumah adat bali saat ini menjadi inspirasi dalam konsep hunian mewah. Banyak perumahan mewah yang mengusung konsep desain rumah bali modern. Bagi perusahaan konstruksi yang mengusung tema rumah adat bali, setiap rumah akan dibandrol dengan harga miliaran rupiah. Sebab rumah adat bali memilik keunikan tersendiri hingga membuat rumah adat ini mempunyai nilai yang fantastis.

Unsur – Unsur Rumah Adat Bali Modern

Untuk desain rumah bali modern, tidak terlepas dari unsur – unsur tradisional pada rumah adat adat bali sendiri. Mulai dari desain interior dan eksterior yang masih memperhatikan ciri khas dari rumah adat bali. Namun dibumbui dengan modernisasi sehingga terlihat sangat mewah.

Unsur – unsur yang terdapat pada desain rumah bali antara lain :

1. Material yang mendominasi adalah batu alam dan batu bata

Hampir 90% rumah adat bali dilapisi dengan batu alam dan batu bata. Mulai dari pagar depan hingga setiap dinding – dinding rumah. Untuk warna dari batu alam yang digunakan biasanya berwarna krem dan warna coklat muda.

Meskipun rumah adat bali jarang yang berbentuk dinding tembok biasa, tetapi untuk tembok yang dipadukan dengan dinding batu alam. Hal tersebut membuat kesan yang modern, beberapa bagian dinding dijadikan tembok biasa.  Namun warna dari dinding harus sesuai dengan warna batu alamnya.

Untuk dinding yang tidak dilapisi dengan batu alam, biasanya hanya menggunakan batu bata tanpa sentuhan finishing. Hal tersebut yang menjadi ciri khas dari desain rumah bali.

2. Pagar dengan tanaman

Untuk pagar rumah adat bali juga tidak terlepas dari materal batu alam dan batu bata tanpa sentuhan finishing. Selain itu bentuk gapura pagar yang dibuat seperti gapura pada tempat ibadah umat hindu yaitu pura.

Hal yang paling menarik dari pagar rumah adat bali adalah keberadaan tanamannya. Di setiap bagar rumah adat bali selalu dipenuhi dengan berbagai macam tanaman. Untuk penempatan tanaman, biasanya diletakan di bagian atas pagar atau menggunakan tanaman rambat. Sehingga pagar rumah adat bali tertutup tanaman sepenuhnya.

Desain rumah bali pada bagian pagar yang modern bisa dipadukan dengan unsur pagar besi. Sedangkan untuk warna batu alam yang sering digunakan oleh perusahaan konstruksi untuk rumah bali adalah hitam. Sebab warna tersebut mampu menghilangkan kesan tradisional.

3. Atap rumah adat bali

Atap pada rumah adat bali umumnya berbentuk prisma segiempat. Serta dilengkapi dengan kayu yang diukiran yang masih kental dengan seni tradisional bali. Agar kesan desain rumah bali terlihat modern, untuk ukiran kayu lepas dari seni ukir tradisional bali.

4. Halaman rumah

Halaman rumah adat bali selamu dipenuhi dengan bunga kamboja. Bunga kamboja ini bagi etnik bali merupakan bunga utama yang digunakan untuk beribadah di pura sehari – hari. Halaman rumah bali semua dipenuhi dengan rerumputan. Tidak ada tanah yang tidak ditumbuhi rumput sama sekali. Sebagai jalan agar tidak menginjak rumput, disediakan batu besar, paving atau bisa juga di cor.

Unsur – unsur tersebut adalah unsur utama untuk desain rumah bali modern. Refensi tentang konsep rumah modern menggunakan tema rumah bali sangat direkomendasikan. Sebab hal tersebut merupakan cara untuk melestarikan kebudayaan. Meskipun penyesuannya dipadukan dengan modernisasi. Unsur dari modernisasi hanya sebagai penyesuaian akan perkembangan zaman dan budaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *