4 Pilihan Ide Desain Ruang Keluarga Yang Nyaman dan Terbuka

Desain Ruang Keluarga Yang Nyaman – Ruang keluarga adalah tempat berkumpul, berbagi dan bersantai dengan keluarga tercinta. Karena itu desain ruang keluarga merupakan hal yang penting. Tujuannya adalah menciptakan suasana yang nyaman dan tentram bagi setiap anggota keluarga. Serta ruang keluarga menjadi tempat favorit bagi seluruh anggota keluarga untuk berbagi kebahagiaan.

Macam – Macam Desain Ruang Keluarga

Desain rumah tidak melulu tentang desai interior dan eksterior. Tetapi ruang keluarga juga perlu didesain. Meskipun fungsi ruang keluarga sepele, yang terpenting dapat digunakan sebai tempat berkumpulnya anggota keluarga. Tetapi tidak ada salahnya bila ruang keluarga dijadikan ruangan yang penuh dengan nilai estetika.

Ada berbagai macam konsep desain untuk ruang keluarga. Secara garis besar konsep desain ruang keluarga dibagi menjadi beberapa 4 konsep. 4 konsep ruang keluarga tersebut antara lain :

1. Baithak

Desain ruang keluarga baithak berasal dari India. Properti yang digunakan pada baithak berupa sofa yang tidak terlalu tinggi lengkap dengan bantal dan cushion serta home theater.

Ruang keluarga baithak sekilas terlihat sangat formal. Sebab tatanan dengan menggunakan sofa terkesan seperti ruang tamu. Konsep ini sangat cocok bagi yang menyukai kerapian. Dengan konsep ini ruang keluarga akan selau terlihat rapi dan terhindar dari kata berantakan.

2. Japanese

Untuk desain ruang keluarga tanpa sofa ala japanese sangat simple. Tidak diperlukan berbagai macam properti. Ruang keluarga a la japanese hanya menggunakan futon atau matras. Dilengkapi juga dengan bantal atau cushion serta home theater. Pilihan warna cushion ataupun matras, sebaiknya disesuaikan dengan warna dinding. Sehingga tidak merusak pemandangan.

Ruang keluarga a ala japanese sangat cocok bagi yang menyukai kebersamaan. Semua anggota keluarga mempunyai kebebasan penuh atas apa yang ingin dilakukan. Entah tiduran maupun lesehan.

3. Eyecatching

Ruang keluarga dengan konsep eyacatching sangat simple dan sederhana. Bahkan desain ruang keluarga terbuka atau eyecatching paling simple dari konsep ruang keluarga lainnya. Meskipun untuk eyacatching hanya memerlukan karpet saja. Konsep ini menjadi konsep yang paling banyak diminati karena terlalu simple.

Untuk membuat konsep eyecatching lebih menarik, bisa ditambahkan dengan bantal, meja kecil dan home theater. Dengan konsep ini membuat berkumpul menjadi sangat seru dan menyenangkan.

4. Bean bag

Desain ruang keluarga mewah dengan bean bag adalah konsep ruang keluarga yang populer di era 60 – 70an. Hampir sebagian besar masyarakat pada era tersebut, menggunakan konsep ini. Bila konsep ruang keluarga bean bag masih dipertahankan, terkadang serasa seperti kembali ke jaman klasik. Konsep ruang keluarga bean bag adalah konsep ruang keluarga yang paling kompleks.

Tetapi konsep klasik bean bag dapat dihilangkan dengan tidak mempertahankan warna – warna klasik dengan warna – warna cerah. Sehingga terkesan modern dan tidak kuno. Bean bag juga sangat cocok jika dimix dengan properti lainya seperti karpet dan matras.

Pemilihan untuk konsep desain ruang keluarga lesehan, sebaiknya disesuaikan dengan karakter anggota keluarga. Jika salah menerapkan konsep hanyalah akan membuat ruang keluarga tidak berfungsi sama sekali. Serta dapat merusak mood yang akan membuat hubungan merenggang.

Meskipun setiap anggota keluarga memiliki karakter masing – masing, namun bisa diambil titik tengahnya. Seperti kesukaannya dengan kerapian, konsep yang cocok adalah baithak. Bila menggunakan konsep lainnya seperti eyecatching, tidak akan tahan. Karena desain ruang keluarga eyecathing lebih mementingkan kenyamanan dan kebebasan untuk setiap anggota keluarga daripada kerapian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *